|

Pertolongan Pertama Apabila Ponsel Terendam Air

Written By. Admin on 13 Oktober 2012 | 15.26.00


Insiden ponsel terendam air merupakan kejadian cukup sering terjadi di kalangan para pengguna ponsel. Tapi apakah Anda pernah mencoba memperbaikinya sendiri?

Apabila ponsel Anda masih dalam masa garansi, sebaiknya memang segera bawa ke service center terdekat. Namun apabila masa garansinya sudah habis, tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa tips pertolongan pertama apabila ponsel Anda tak sengaja tercebur dan terendam air.

1. Jangan menghidupkan ponsel Anda di saat masih dalam keadaan basah, karena akan mengakibatkan terjadinya korsleting pada sirkuit dalam ponsel.

2. Segera lepas baterai, SIM card dan kartu memori dari ponsel. Karena selain bisa mencegah terjadinya hubungan pendek kelistrikan (konsleting), ini sekaligus mencegah hilangnya data yang tersimpan di SIM card maupun di kartu memori.

3. Pastikan ponsel Anda tidak terkontaminasi oleh air laut. Sebab kandungan garam dalam air laut sangat berbahaya bagi perangkat elektronik. Namun jika memang ponsel Anda ikut terendam ketika Anda sedang berlibur ke pantai, maka basuhlah ponsel Anda dengan dengan air tawar terlebih dahulu dengan hati-hati, setelah itu baru lepas baterai dan juga SIM card-nya.

4. Segera keringkan ponsel dengan menggunakan handuk atau kain yang kering. Usahakan tidak menggoyang-goyangkannya terlalu keras, karena kandungan air di dalam ponsel bisa jadi malah menyebar ke komponen lain.

5. Cobalah mengeringkannya dengan menggunakan hairdyer atau vacuum cleaner kecil selama beberapa menit. Ini dimaksudkan untuk menyedot kandingan air di dalam ponsel. Kewmudian letakkan ponsel Anda di tempat dengan sirkulasi udara yang hangat selama beberapa jam.

6. Masukkan ponsel Anda yang sudah terpisah dengan baterai ke dalam wadah berisi beras selama 24 jam. Beras mempunyai fungsi seperti gel silika,yang dapat menyedot dan menyerap lembab.

Pastikan ponsel Anda sudah dalam kondisi kering ketika menyematkan kembali, baterai, SIM card dan kartu memori ke dalamnya. Kemudian periksalah apakah baterai tersebut normal. Anda dapat mencoba menggunakan baterai cadangan yang sesuai untuk memastikanya.

Jika ponsel menunjukan respon saat kembali dihudupkan, seperti tombol ponsel yang menyala, maka kemungkinan besar ponsel Anda dapat diselamatkan. Kalau layar ponsel masih belum dapat menyala, lakukan pengeringan kembali pada layar ponsel.

Apabila ponsel tetap masih belum dapat menyala, sebaiknya Anda segera membawa ke teknisi ponsel terpercaya. 

Sumber:
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.