|

Resep Jeruk Purut untuk Flu dan Kulit Kepala

Written By. Admin on 27 Oktober 2012 | 09.57.00



JERUK purut (Citrus hystrix D.C.) dikenal sebagai tanaman yang banyak digunakan untuk menambah aroma pada makanan. Wangi khasnya bukan hanya memberikan sensasi lain pada masakan, namun juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan. 

Sebut saja sebagai alternatif pengobatan influenza. Buah dari tanaman yang memiliki daun majemuk ini ampuh dalam menangkal flu dan juga mengobati kelelahan setelah beraktivitas atau proses penyembuhan setelah sakit. 

Cara pengobatan : 
Siapkan dua buat jeruk purut. Kemudian campurkan bersama dengan dua gelas air hangat. konsumsi dua kali sehari. Jika Anda kurang menyukai rasanya yang asam, tambahkan dengan madu murni. 

Cara pengobatan : siapkan beberapa buah jeruk purut. Belah jeruk menjadi dua bagian. Kemudian aplikasikan ke kulit yang bersisik, kering, dan mengelupas. Lakukan sesaat sebelum tidur. 

Pengobatan kulit kepala 
Anda termasuk orang yang mudah berkeringat di area kepala? Cobalah untuk membuat ramuan yang satu ini. Jeruk purut juga dikatakan efektif dalam menghalau aroma tidak sedap di kulit kepala. 

Cara pengobatan : siapkan satu buah jeruk purut yang telah dibersihkan. Tanpa dibersihkan kulitnya, rebus dalam beberapa saat. Kemudian parut. Tambahkan satu sendok air bersih, lalu remas dan saring. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas. 

Sebagai informasi, jeruk purut mengandung tanin sebanyak 1,8 persen. Steroid triterpenoid, danminyak asiri sebanyak 1-1,5 persen. Selain itu, dalam kulit buah juga diperkaya akan saponin, tanin, dan minyak asiri yang mengandung sitrat sebanyak 2-2,5 persen. 

Seperti yang dikutip dari Organicfacts, jeruk purut juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, perawatan kulit, gangguan pernapasan, mencegah sariawan, dan mengobati gangguan saluran kandung kemih. (Organicfact, Iptek.net, Wikipedia/*/OL-06) 
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.