|

Inikah Alasan di Balik Bunuh Diri Artis Cantik Korea?

Written By. Admin on 22 Oktober 2012 | 19.24.00


Kasus bunuh diri di Korea Selatan termasuk yang tertinggi di dunia. Kasus bunuh diri ini tak hanya terjadi di kalangan masyarakat biasa, tetapi juga dilakukan pengusaha, pejabat dan juga seleb di negara tersebut. Sejumlah seleb di Negeri Ginseng ini memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka dengan tragis. Mulai dari gantung diri, lompat dari gedung tinggi hingga melukai diri sendiri. Fenomena ini sangat memprihatinkan dan menjadi sorotan dunia. Lantas, apakah yang menjadi alasan di balik kasus bunuh diri artis-artis cantik Korea?
Cantik, terkenal, punya banyak penggemar, dan memiliki pendapatan yang tinggi, ternyata bukan jaminan kebahagiaan. Mungkin itulah yang terlihat dari banyaknya kasus kematian para selebritas Korea yang sangat mengenaskan. Dan di Korea, catatan kematian artis yang bunuh diri cukup mengejutkan. 
Nyaris setiap tahunnya, terdapat seleb dari negara yang terkenal dengan gelombang Hallyu-nya memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka dengan tragis. Dengan kehidupan mewah dan dielu-elukan publik, ternyata hidup mereka tidak sebahagia yang dilihat. Dan kebanyakan artis wanita yang memilih untuk mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri. Sebut saja aktris Jung Ah Yool, yang ditemukan tewas gantung diri di kediamannya pada 12 Juni 2012 lalu.
Dan kasus bunuh diri yang menghebohkan adalah kematian artis cantik, Jang Ja Yeon. Kematian bintang Boys Before Flowers ini disebut-sebut membawa nama petinggi di negara tersebut. Ditambah lagi dengan kematian aktris Choi Jin Sil tahun 2008 lalu, supermodel Korea, Da-Ul Kim, artis Song Ji Seon pada tahun 2011 lalu, Han Chae Won, dan beberapa artis lainnya. 




Aktris Park Jin Hee, yang tampil dalam film My Mother mencoba untuk menyelidiki kasus bunuh diri yang menimpa rekan-rekannya tersebut. Hal itu dilakukan Park Jin Hee, saat ia menyelesaikan kuliahnya di Universitas Yonsei, juruan Kesejahteraan Sosial.

Dia mewawancarai 260 aktor dan aktris. Dan ia menemukan bahwa 38,9 % para seleb itu menderita depresi. Dari penelitian terebut juga ditemukan tingkat bunuh diri di Korea, menunjukkan lebih banyak dilakukan aktris dibandingkan aktor. 

Saat diwawancarai, para seleb itu pun menjawab 'ya', ketika ditanya apakah mereka memikirkan mati karena terlalu lelah menjalani hidup. Dan dari penelitian tersebut, Park Jin Hee berpikir, dengan banyaknya artis yang menderita depresi, maka sepertinya menggambarkan industri hiburan Korea memiliki masalah yang cukup besar. 

Menurut laporan seperti dikutip dari SeoulBeats, kehidupan artis di negara tersebut sangatlah berat. Penggemar menuntut mereka untuk selalu sempurna. Tak hanya itu, mereka juga mendapat tekanan dari lingkungannya yang kejam dan penuh dengan aktivitas ilegal dan tidak bermoral.



Sejumlah bintang idola favorit pun dengan jujur menceritakan jika mereka juga pernah berpikir untuk bunuh diri. Di antaranya adalah Sunye, personel girlband Wonder Girls. Dalam tayangan Strong Heart, ia mengaku pernah mencoba ingin bunuh diri ketika ia masih menjalani pelatihan sebagai artis. Sunye tak sendiri, masih banyak artis yang mengalami cerita serupa.

Melihat maraknya kasus bunuh diri, terutama di kalangan seleb, menjadi masalah nasional yang dianggap perlu segera ditangani di negara tersebut. Beberapa artis Korea pun saat ini sedang gencar berkampanye untuk cegah aksi bunuh diri. Kampanye itu mendapat dukungan dari beberapa media setempat. Kampanye ini bertujuan mencegah aksi bunuh diri dan diharapkan bisa menumbuhkan harapan di tengah masyarakat.

Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.