|

Gempa Kuat Mengguncang Turki – Menewaskan 1.000 Orang

Written By. Admin on 23 Oktober 2012 | 19.07.00

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang Turki bagian timur. Akibat goncangan gempa tersebut sejumlah bangunan rusak berat dan runtuh. Korban tewas dilaporkan mendekati seribu orang.


Gempa tersebut menggoncang bagian timur provinsi Van di Turki pada pukul 1:41 siang, 23 Oktober 2011. Bencana ini menimbulkan kepanikan di seluruh Provinsi Van dan kota-kota tetangganya.



US Geological Survey (USGS) mencatat pusat gempa memiliki kedalaman 20 kilometer. Kedalaman tersebut relatif dangkal dan bisa menimbulkan kerusakan yang jauh lebih parah.
Pusat gempa bumi berada di desa Tabanli di sebelah timur provinsi Van province yang berbatasan dengan Iran. Namun gempa sendiri dirasakan di beberapa provinsi di sekitar wilayah tersebut.
Gempa meruntuhkan sejumlah bangunan di pusat kota Van, begitu pula di kota tetangga Ercis. Sejumlah warga mengalami shock akibat peristiwa gempa tersebut.
“Kami perkirakan sekitar 1.000 bangunan rusak dan diperkirakan ratusan jiwa melayang. Jumlahnya bisa 500 atau 1.000 jiwa,” kata pejabat pusat pemantauan Kandili Observatory, Mustafa Erdik. 

Sumber : dari berbagai sumber
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.