|

Benarkah Jatuh Terduduk Bisa Sebabkan Kebutaan?

Written By. Admin on 14 Oktober 2012 | 09.05.00



Anda mungkin merasa terhibur ketika iseng meminggirkan kursi seorang teman sesaat sebelum ia duduk. Teman tersebut secara refleks kaget dan bisa jatuh dengan posisi terduduk. Namun, hentikan tawa Anda dan ketahuilah bahwa tindakan tersebut dapat mencederai teman Anda.


Ada anggapan orang yang jatuh terduduk, dengan kondisi tulang ekor membentur benda keras, akan menyebabkan kebutaan. Oleh karenanya, candaan seperti itu sebaiknya dihindari. 



Ahli bedah tulang belakang dari Ramsay Spine Center Rumah Sakit Premier Bintaro, dr Luthfi Gatam, SpOT, meluruskan anggapan keliru ini. Menurutnya, posisi jatuh terduduk memang berbahaya, tetapi bukan memiliki korelasi terhadap kebutaan, melainkan pada kelumpuhan. 



"Itu tidak ada kaitannya. Jatuh terduduk sangat berbahaya dan berakibat pada patah tulang belakang dan kelumpuhan," ujarnya saat ditemui seusai acara seminar RHCI Orthopaedic Update on Joint and Spine, Selasa (25/9/2012) di Jakarta.



Lebih berbahaya lagi jika kebetulan tulang ekor seseorang yang jatuh itu secara anatomi lebih menonjol. Kondisi tersebut tentu lebih berbahaya bagi keselamatannya. "Kalau orang dengan kondisi seperti ini jatuh, bukan hanya mencederai tulang ekornya, melainkan juga tulang belakangnya," ujarnya.



Mereka yang sangat terganggu aktivitasnya karena tulang ekor terlalu menonjol, menurut Luthfi, bisa dibantu dengan operasi. Namun, jika masih dalam kondisi tidak terlalu mengganggu, maka bisa disiasati dengan memakai korset agar posisi duduk lebih tegak. Atau, saat duduk ia menggunakan bantalan yang empuk sehingga ujung ekor tidak sakit.


Sumber:
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.