|

Bagaimana Membuat Password yang Aman?

Written By. Admin on 16 November 2012 | 23.22.00



Rumah, mobil, motor, semuanya memiliki kunci. Kartu debit pun memiliki PIN agar Anda dapat melakukan transaksi. Demikian juga dengan akun email memiliki password. Semua kunci, PIN atau password memiliki cara kerja yang sama. Anda harus mempunyai atau mengetahui kunci, PIN atau password tersebut agar dapat membuka dan menggunakannya.

Password adalah garda terdepan perlindungan data Anda di komputer. Hacker sering kali mencoba menggunakan password yang telah 'dicurinya' dari sebuah situs dan menggunakannya di situs lain. Jadi sebaiknya pakailah password yang berbeda untuk tiap website atau aplikasi yang Anda gunakan.

Kekuatan sebuah password dapat diukur dari 2 karakteristik, yaitu panjang dan kompleks. Menurut Josh Shaul, chief technology officer Application Security Inc. yang berbasis di New York, secara umum semakin panjang password maka akan semakin kuat. Sedangkan kompleks artinya password tersebut sulit ditebak.

Password yang paling mudah diingat adalah kata-kata yang simpel, nama tempat/kota, tanggal ulang tahun, atau yang mudah diketik seperti "12345" atau "qwerty".

Nah agar Anda aman di dunia maya, berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat password yang aman.
  1. Sebuah password paling tidak harus terdiri dari 8 karakter (beberapa pakar ada yang mengatakan minimum 10 atau 14 karakter).
  2. Password tersebut setidaknya terdiri dari beberapa kombinasi tipe karakter ini, yaitu huruf besar (ABC), huruf kecil (abc), angka (123), dan tanda baca atau karakter tertentu seperti !#$%&*_=+?.
  3. Jika Anda menggunakan hanya 1 huruf besar atau karakter tertentu, jangan letakkan di awal atau akhir password.
  4. Hindari membuat password dengan kata-kata yang umum dipakai atau kata-kata gaul.
  5. Jangan memasukkan nama atau bagian dari alamat email Anda pada password.
  6. Pilih password yang kompleks terutama untuk situs-situs yang menyimpan data penting Anda seperti, bank atau pengecer online yang menyimpan informasi kartu kredit Anda.
  7. Jangan membuat password dengan nama band atau film favorit Anda, nama hewan peliharaan, nama panggilan, nomor telepon, terutama tanggal lahir karena mudah ditebak.
Salah satu trik yang bisa Anda aplikasikan untuk membuat password yang aman adalah, gunakan frase yang mudah Anda ingat. Ambil huruf pertama dari setiap kata tersebut, lalu jadikan sebuah kata. Misalnya: 'Are you happy today?' diubah menjadi 'rU:-)2d@y?'. Jangan lupa untuk selalu mengkombinasikannya dengan berbagai jenis karakter seperti huruf besar/kecil, angka, dan tanda baca.



Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.