|

Ikan Kuah Kuning

Written By. Admin on 18 November 2012 | 11.17.00


Kepulauan Maluku yang kaya dengan hasil ikan laut dan rempah-rempah ini memang terkenal dengan masakan khas yang berasal dari ikan, salah satunya yaitu "Ikan Kuah Kuning". Sesuai namanya sajian ini berwarna kuning cenderung oranye yang berasal dari rempah kunyit. Sajian Ikan yang dimasak dengan daun kemangi, bumbu, rempah serta perasan jeruk nipis ini rasanya hhhhhm sedap dan menyegarkan. So bagi anda pecinta hidangan dari ikan tak ada salahnya anda mencoba. Terus terang saya sendiri suka dengan cita rasa masakan ikan dari Maluku yang menurut saya sangat mudah proses pembuatannya tetapi rasanya sangat menggugah selera.

Catatan: Di tempat asalnya di Maluku biasanya dipakai ikan barakuda tapi berhubung di tempat tinggal saya sekarang susah mendapatkan jenis ikan ini, maka terpaksa saya ganti dengan ikan Dorade (sejenis Mujair) yang menurut saya rasanya paling sesuai dengan lidah Indonesia saya. Bagi anda yang mempunyai masalah serupa silahkan pilih jenis ikan sesuai selera anda. Untuk Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu terutama penduduk asli Maluku mohon maklum dengan keterbatasan di atas. O ya sebelum saya lupa jika anda ingin mengurani bau amis yang menyengat pada ikan, silahkan rebus dulu ikan sebentar saja dan buang air perebusan. Cara ini sering saya pakai, siapa tahu berguna bagi anda. Selamat Mencoba OK...

Bahan:

  1. 2 ekor (600 gr)ikan barakuda, tongkol atau ganti dengan ikan lain
  2. 2 batang serai, memarkan
  3. 2 cm lengkuas, iris tipis
  4. 2 sdt gula pasir
  5. 2 buah jeruk nipis
  6. daun kemangi atau ganti dengan daun basil
  7. 1 lt air
  8. Garam secukupnya
  9. Minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

  1. 5 buah bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 2-4 buah cabe merah besar
  4. 2 cm jahe
  5. 3 cm kunyit
Bahan Ikan Kuah Kuning


Cara Membuat:

  1. Bersihkan ikan, potong sesui selera. Lumuri dengan garam dan air jeruk nipis atau air asam. Diamkan selama 15 menit.
  2. Cuci ikan dengan air dingin. Tiriskan.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus dengan cobek atau blender.
  4. Tumis bumbu halus hingga matang dan berbau harum.
  5. Tambahkan irisan lengkuas dan serai. Teruskan tumis sebentar sampai serai agak layu.
  6. Tambahkan 1 lt air masak sampai mendidih.
  7. Kecilkan api ke posisi sedang, masukkan ikan, masak sampai ikan berubah warna dan matang.
  8. (Jika perlu rebus ikan sebentar dalam panci terpisah untuk mengurangi bau amis seperti yang saya tuliskan di atas).
  9. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukkan daun kemangi.
  10. Terakhir beri 2 sdm air jeruk nipis. Angkat.
  11. Sajikan bersama pepeda.



Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.