|

Punya 750 Kaki, Hewan Ini Catat Rekor Dunia

Written By. Admin on 18 November 2012 | 11.50.00

detail berita

Hewan dengan jumlah kaki paling banyak di dunia memiliki total 750 kaki. Selain kaki, bagian yang paling mengejutkan para ilmuwan adalah anatomi tubuh hewan tersebut.

Dilansir dari Live Science, hewan dari spesies millipede ini diberi nama latin Illacme plenipes dan hanya ditemukan di sejumlah kecil wilayah Northen California. Ukurannya hanya sekira 1 sampai 3 centimeter.

"Pada dasarnya hewan ini tampak menyerupai benang," ujar pimpinan penulis penelitian tersebut, Paul Marek kepada Live Science.

"Tampilan luarnya tidak menarik, tapi ketika melihatnya dengan SEM dan mikroskop senyawa kami menemukan suatu anatomi yang sangat rumit dan besar," imbuhnya.



Di antara keanehan yang dimiliki hewan ini terdapat sebuah mulut yang belum diketahui fungsinya. Kemudian juga terdapat rambut di bagian belakangnya yang memproduksi sesuatu mirip sutera.

Keanehan spesies millipedes tersebut tidak terbatas pada anatominya saja. Saudara terdekat hewan itu ditemukan para ilmuwan di Afrika Selatan. Mereka menduga, millipede ini hidup di benua super Pangaea yang menyelimuti Bumi sekira 200 juta tahun silam, sebelum California dan Afrika terpisah.

Para ilmuwan berpendapat, millipede ini sekarang terancam oleh aktivitas manusia seiring pertumbuhan yang terjadi di lingkungannya, juga pemasanan global yang mengakibatkan kelembaban tanah berkurang.

"Kami belum tahu banyak mengenai biologi organisme ini. Akan jadi hal yang memalukan jika mereka telah punah sebelum kami sempat memahami peran mereka dalam ekosistem atau manfaatnya bagi pengetahuan," ujar Michael Brewer dari University of Berkeley.



Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.