|

3 Sifat Manusia yang dibenci Allah & disukai Setan

Written By. Admin on 23 November 2012 | 19.41.00

3 Sifat Manusia yang dibenci Allah & disukai Setan


Tiga sifat manusia yang sangat dibenci Allah dan sangat di sukai setan yaitu sifat ; dengki, rakus dan sombong. semoga saja tulisan ini bermanfaat untuk mengingatkan kita bahwa setan selalu mengintip kelemahan kita untuk di ajaknya kejalan yang sesat dengan tujuan utama agar kelak kita dapat menemaninya di neraka.


1. Dengki

Dengki adalah suatu sifat tercela yang timbul karena kebencian dan kemarahan yang disebabkan oleh perasaan cemburu atau iri hati yang amat sangat. Dengan dengki manusia tidak akan bisa melihat kebaikan orang yang di dengkinya, bahkan orang yang dikuasai penyakit dengki hidupnya tak akan pernah merasa tentram apalagi bahagia, karenana hatinya akan selalu diliputi hawa panas apabila melihat kemajuan atau kesuksesan orang yang didengkinya.

Dalam Alquran dalam surat An-Nisa ayat 32:
"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia- Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (An-Nisa ayat 32)
Dalam surat Al-Falaq ayat 5:
“dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (Al-Falaq ayat 5)
Dengki adalah sifat setan, setan menyesatkan manusia dengan berbagai cara salah satunya dengan memasukan perasaan dengki pada hati manusia.oleh karenanya kita harus menyadari itu dan sebisa mungkin untuk menjauhi perasaan itu, karena perasaan itu akan merugikan kita baik di dunia maupun di ahirat, karena seorang pendengki tak akan pernah hidup bahagia di dunia dan matipun akan masuk neraka apabila sampai akhir hayat belum bertobat.


Jadi dari pada memelihara sifat dengki tersebut lebih baik kita hidup berdampingan silih asah silih asuh seperti perintah Rasulallah berikut ini:
Diriwayatkan oleh Abu Hurairah,ra. Rasululloh SAW bersabda : "Janganlah kalian saling mendengki, saling menfitnah (untuk suatu persaingan yang tidak sehat), saling membenci, saling memusuhi dan jangan pula saling menelikung transaksi orang lain. Jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara muslimnya yang lain, ia tidak menzhaliminya, tidak mempermalukannya, tidak mendustakannya dan tidak pula melecehkannya. Takwa tempatnya adalah di sini" - seraya Nabi SAW menunjuk ke dadanya tiga kali. "Telah pantas seseorang disebut melakukan kejahatan, karena ia melecehkan saudara muslimnya."
Setiap muslim atas sesama muslim yang lain adalah haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. (HR. Muslim)


2. Rakus


Selain sifat dengki adalagi sifat manusia yang sengaja selalu di bisikan oleh setan agar selalu ada dalam diri manusia yaitu sifat rakus, jika seseorang sedang dikuasai kerakusan terhadap sesuatu, maka kerakusan itu akan mambuatnya menjadi buta dan tuli sehingga ia terbawa kepada kesesatan dengan kerakusanya. Manusia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang di inginkanya.

Di dalam alquran surat Al-Araf ayat 31 dan 176, Allah mengingatkan manusia dengan firmanya:
"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (Al-Araf 31)
"Dan kalau Kami menghendaki, sesungguhnya Kami tinggikan (derajat) nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia cenderung kepada dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya diulurkannya lidahnya dan jika kamu membiarkannya dia mengulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah (kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berpikir." (Q>S Al-Araf 176)
Karena memelihara sifat rakus - Berakibat menjadi koruptor!


3.Sombong


Sifat yang ketiga yang amat di benci Allah dan disenangi setan adalah sifat sombong, selalu beranjak dari asumsi bahwa dirinya memiliki kelebihan, keistimewaan, keunggulan dan kemuliaan dibandingkan orang lain. Allah membenci makhluk-Nya yang bersifat sombong. Kesombongan adalah sifat mutlak Allah yang tidak dibenarkan untuk dimiliki oleh selain-Nya. Manusia yang menyombongkan diri berarti telah merampas sifat mutlak Allah. Ia telah berusaha menyamai Allah yang Maha Kuasa. Dan, berarti mensekutukan Allah yang Maha Tunggal.

Allah berfirman dalam surat Al-baqarah:34
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “”Sujudlah kamu kepada Adam,”” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” 
Semoga kita bisa menjauhkan ketiga sifat itu dari hati kita. Imam Al Hasan mengatakan pangkal kejahatan itu ada tiga; Rakus, Dengki dan Sombong. Sikap sombong inilah yang membuat iblis enggan bersujud kepada Adam, sikap rakus ini yang mengeluarkan Adam dari surga, dan sikap dengkilah yang mendorong putra Adam membunuh adiknya sendiri.



Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.