|

Don’t Cry dan Perseteruan Axl Rose VS Kurt Cobain

Written By. Admin on 3 November 2012 | 23.17.00


Don’t Cry

Lagu “Don’t Cry” adalah lagu pertama yang pernah ditulis di Guns N’ Roses. Lagu itu ditulis oleh Axl dan Izzy Stradlin serta memperlihatkan kematangan awal band tersebut. Instrumentasi  dan produksi yang berlebih-lebihan memberikan Axl kesempatan untuk benar-benar menyadari berbagai ambisinya bagi lagu tersebut, terbukti dalam pertunjukan-pertunjukan awal yang dimainkan band tersebut untuk lagu ini (pertunjukan awal untuk lagu Don’t Cry di Roxy, 1986).
Dont Cry
Dont Cry
Don’t Cry adalah satu contoh lagu yang sempurna, lagu itu pertama kali muncul pada tape demo GNR di tahun 1986. Lagu itu juga merupakan lagu live favorit yang menyebabkan reaksi yang berbeda di antara para penonton ketika band tersebut meredam emosinya untuk mengimbangi hentakan-hentakan keras dari lagu-lagu seperti It’s So Easy dan Welcome To The Jungle. Pada akhirnya ada tiga versi “Don’t Cry” yaitu, demo asli, versi yang sudah jadi, dan adaptasi yang menampilkan lirik alternative.
Video Klip Don’t Cry dibuat pada awal tahun 1992 setelah Izzy Stradlin resmi keluar dari band. Perseteruan antara Izzy dan Axl kembali terbakar ketika Izzy secara diam-diam diduga melakukan proses pengambilan film dengan band tersebut untuk video klip Don’t Cry. Nyatanya dugaan itu tak terbukti, dan Izzy Stradlin benar-benar tak ada dalam video klip itu. Satu hal yang teramat sangat menarik dari video klip Don’t Cry versi original adalah adanya sebuah poster di punggung Dizzy Reed yang hanya berputar-putar di lokasi itu, poster itu bertuliskan “Where’s Izzy ??”.  Dalam video itu juga ada teman kecil Axl Rose yaitu Shannon Hoon yang mengisi Backing Vokal. Shannon juga beberapa kali ikut tampil dalam tur Use Your Illusion membawakan lagu Don’t Cry. Shannon Hoon akhirnya meninggal dunia karena overdosis pada 21 Oktober 1995.
Pada awalnya Guns N’ Roses ingin merilis video klip Don’t Cry ini sebagai video klip pertama untuk promo Use Your Illusion, namun waktu itu Arnold Schwarzenegger yang datang sendiri menemui Axl untuk bisa menyertakan salah satu lagu terbaru GN’R agar menjadi soundtrack film yang dibintanginya (Terminator 2). Hal itu terjadi karena Axl dan Arnold adalah dua orang yang saling mengagumi, dan ketika Arnold tahu bahwa Use Your Illusion dirilis maka tak lama ia menemui Axl untuk membicarakan satu lagu yang pas untuk soundtrack film tersebut. Dipilihlah “You Could Be Mine” dan lagu itu menjadi single pertama yang keluar, video klipnya hanya cuplikan konser di Ritz, 16 Mei 1991, ditempat itu kaki Axl Rose mengalami cedera karena aksi panggungnya yang sangat atraktif.

Nirvana VS Guns N’ Roses
Satu hal yang menarik jika mengamati “Behind The Scene” video klip Don’t Cry versi original, yaitu bahwa ketika itu Axl Rose memakai topi biru bertuliskan “NIRVANA”. Pembuatan video klip itu kira-kira di awal 1992, itu artinya perseteruan antara Axl dan Kurt Cobain masih belum panas.
Jika ditilik sejarah (yang pernah saya baca) Axl sebenarnya respect terhadap Nirvana maupun Kurt Cobain. Axl ketika berulang tahun ke-30 pernah mengundang Kurt Cobain untuk datang ke pestanya, namun Kurt tak datang dengan alasan tak jelas. Kurt beberapa waktu kemudian malah berkomentar di sebuah majalah saat wartawan majalah itu bertanya pendapatnya tentang band yang saat itu sangat popular, GNR, Kurt menjawab pertanyaan wartawan itu,  “Saya tak menyangka jika band dengan lagu-lagu sampah tersebut bisa terkenal hingga ke seluruh dunia.”  Pernyataan Kurt ini jelas menuju pada lagu-lagu GNR seperti “Get In The Ring” yang dianggapnya sebagai sampah.
Perseteruan mulai memanas sejak saat itu, suatu saat Axl tak sengaja bertemu Kurt di Inggris, Kurt saat itu bersama sang Istri, Courtney Love yang menggendong bayi kecilnya, Frances. Axl bersama pacarnya, Stephanie Seymour.
Saat  Axl lewat di depan Courtney, istri Kurt Cobain tersebut memanggil Axl, “Hei Axl” dengan nada mengejek.  Dan Axl pun menoleh kearahnya, Courtney melanjutkan, “Hei Axl, maukah kau menjadi wali baptis untuk anak kami??”.
Axl Rose pun berang ketika istri Kurt meledeknya, dia mendekati Kurt yang saat itu sedang bermain-main dengan Frances anaknya. Axl mendekatkan wajahnya ke wajah Kurt, tampak urat-urat leher Axl menggelembung sebesar selang. Dia lalu membentak Kurt, “Jaga mulut istrimu, atau aku akan membantingnya!!”
Kurt tersenyum lebar, lalu menoleh kearah istrinya dan berkata, “Ok, Bitch, Shut Up!!!”  dan kontan saja semua orang yang berada disekitarnya tertawa terbahak-bahak melihat perseteruan dua vokalis itu. Terlihat semua orang tertawa kecuali Axl dan Stephanie.  Mungkin untuk menyelamatkan muka, Stephanie lalu menyindir Courtney, “Memangnya kamu model??”
frances dan Courtney Love (tahun 2009).
Courtney yang saat itu baru tiga minggu melahirkan balas menyindir, “Bukan. Kalau Kamu Dokter bedah otak ya???”. Axl dengan cepat menggandeng Stephanie untuk segera pergi dari tempat itu.
Pada awal November 1992, Kurt dan Courtney pindah ke Four Season Olympic Hotel di Seattle. Mereka menyewa kamar atas nama “Billy Bailey”, nama asli Axl Rose. Mereka tinggal di hotel itu hampir dua bulan dan membayar 36.000 dollar, sampai pada akhirnya pihak hotel mengusir mereka. Bukan karena mereka sering mabuk dan pakai narkoba, melainkan karena mereka selalu membuang puntung rokok yang masih menyala ke lantai karpet.
Axl dalam beberapa kali konsernya selalu menghina Kurt, dalam jeda-jeda lagu Axl selalu “misuh-misuh”  (lihat video di youtube, “Axl Rant”) dan salah satu sasarannya adalah Kurt yang dianggapnya sebagai pecundang dan “The Fuckin Junkies”.
Akhirnya Kurt tewas tanggal 5 April 1994, diduga karena bunuh diri. Duff McKagan kaget karena beberapa hari sebelumnya Duff sempat satu pesawat dengan Kurt, dan hanya berjarak beberapa meter dari tempat duduk Kurt. Saat itulah Duff menjadi sadar dan pelan-pelan ingin sembuh dari ketergantungan terhadap Vodka (agar tak mati konyol seperti Kurt). Karena Duff sempat didiagnosa terkena kerusakan pankreas stadium tiga. Alhamdulillah Duff sekarang berhasil sembuh dari ketergantungan Vodka yang hampir membunuhnya.

Axl Rose Talk About Kurt Cobain



Kurt Cobain Talk About Axl Rose




Sumber :
Paul Stenning, Band yang dilupakan Waktu, 2004
Ahimsa Marques, Legend Of Rock, Guns N’ Roses, 2009
Gilbert Chocky, Kurt Cobain, 2009
http://indoposter.blogspot.com

Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.