|

Suplemen Vitamin D Tak Bisa Cegah Pilek

Written By. Admin on 14 Oktober 2012 | 09.13.00



Para ilmuwan mengatakan tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat mencegah pilek. Kesimpulan ini diungapkan tim peneliti dari Selandia Baru yang melakukan eksperimen terhadap 322 orang, yang hasilnya dimuat dalam Jurnal Asosiasi Medis Amerika.

Dalam penelitian tersebut, 161 orang diberi vitamin D setiap hari selama 18 bulan, sementara 161 orang lainnya diberi vitamin D palsu. Terungkap bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin D terkena pilek sama seringnya dengan orang-orang yang mengkonsumsi vitamin D palsu.



Orang dewasa terkena pilek rata-rata dua hingga empat kali setiap tahun, sedangkan untuk anak-anak biasanya hingga 10 kali.



Mengomentari hasil penelitian ini Profesor Ronald Eccles dari Pusat Flu di Universitas Cardiff, Inggris, mengatakan bahwa vitamin D sangat berguna bagi tubuh kita.



Tidak sama



Eccles mengatakan vitamin D bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sesuatu yang sangat diperlukan selama musim dingin ketika sumber vitamin D berkurang.



"Ada banyak kajian yang menyebutkan bahwa vitamin D sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh," kata Eccles.



"Suplemen bisa meningkatkan sistem kekebalan selama musim dingin ketika kita mungkin kekurangan vitamin D," tambahnya.



Namun ia menjelaskan bahwa efektivitas suplemen berbeda untuk tiap orang.



"Setiap orang memiliki sistem kekebalan yang berbeda. Jadi kita tidak bisa menyamaratakan," kata Eccles.



Vitamin D sebagian besar didapatkan oleh kulit kita dari sinar matahari, selain juga dari makanan-makanan tertentu seperti minyak ikan dan telur.


Sumber:
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.