|

Penurunan CO2 Dorong Peristiwa Iklim Terbesar Bumi

Written By. Admin on 1 Oktober 2012 | 00.01.00

Headline

Penurunan karbon dioksida (CO2) menjadi tenaga pendorong salah satu peristiwa iklim terbesar dalam sejarah Bumi. Apa itu?

Menurut ilmuwan di universitas di Purdue dan Yale, penurunan CO2 ini akan menjadi tenaga pendorong pemebentukan lembaran es Antartika. Menurut hasil studi mereka, peran gas rumah kaca di Antartika menunjukkan betapa pentingnya CO2 di perubahan iklim dulu.

Tak hanya itu, diketahui CO2 menjadi tenaga signifikan di iklim masa kini dan masa depan. Tim ini menemukan, rendahnya tingkat CO2 mampu membentuk lembar es di Kutub Selatan namun seberapa besar peningkatan gas rumah kaca hingga lembar es meleleh masih menjadi misteri.

“Bukti ini sejalan dengan harapan CO2 merupakan tuas utama yang ‘memerintah’ iklim dunia. Jika tuas ini dinaikkan atau diturunkan, akan terjadi perubahan dramatis,” ungkap profesor sains bumi dan atmosfer Matthew Huber dari Purdue seperti dikutip UPI.

Transisi dari dunia hangat tanpa es menjadi dunia dingin dengan es terjadi akibat fluktuasi tingkat CO2, lanjutnya. Ilmuwan mengatakan, selama 100 ribu tahun di zaman Eosen, suhu turun secara dramatis, es menyelimuti Antartika dan ketinggian laut turun.

“Permulaan es Antartika merupakan ibu ‘titik kritis’ semua iklim. Mengenali peran utama perubahan CO2 menjadi dasar penelitian penting pada perubahan iklim dunia,” tutup geokimiawan Yale Mark Pagani. 
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.