|

Limbah Nuklir Dapat Dijadikan Baterai

Written By. Admin on 27 September 2012 | 22.29.00

 Headline


Limbah pembuangan nuklir ternyata dapat didaur ulang dan dijadikan material bahan bakar pesawat luar angkasa sebagai pengganti Plutonium-238.

Laboratorium Nuklir Nasional Inggris dikabarkan memanenkan bahan sisa pembunganan reaktor nuklir yang bernama Americium-241. Panas yang dihasilkan oleh Americum-241 diketahui dapat digunakan sebagai baterai untuk sumber tenaga pesawat luar angkasa. Demikian dilaporkan situs sains populer PsysOrg.

Hal tersebut dilakukan badan luar angkasa Eropa, European Space Agency (ESA) karena ingin mencari pengganti Plutonium-238 yang saat ini hanya terdapat di Amerika Serikat dan Rusia. ESA pun meyakini bahwa Americium-241 akan menggantikan plutonium.

Panas yang dihasilkan oleh Amecirium-241 dapat digunakan sebagai pemanas di tengah dinginnya ruang angkasa, serta memberikan panas kepada sistem listrik pada pesawat luar angkasa. Cara ini sebelumnya juga telah digunakan pada mobil rover penjelajah Curiousity yang tengah 'bertugas' di Mars.

Dilaporkan juga, setiap baterai nuklir hanya membutuhkan lima kilogram material. Hal tersebut mengindikasikan bahwa program nuklir Inggris bisa menyediakan semua kebutuhan ESA di masa mendatang.

Selain sebagai material untuk baterai pesawat ruang angkasa, Americium-241 juga telah menarik negara lain, meski untuk tujuan berbeda. China dan India, misalnya. Kedua negara ini tertarik menjadikan material ini sebagai pelampung yang dapat memonitor kondisi laut di masa yang akan datang.
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.