|

Kemandirian Peserta KB Masih Tinggi

Written By. Admin on 26 September 2012 | 21.15.00


Program Keluarga Berencana (KB) saat ini memang dipandang mengalami penurunan namun kemandirian masyarakat dalam ber KB ternyata masih tetap tinggi.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) terus berupaya meningkatkan peserta KB mandiri bekerjasama dgn semua pihak termasuk peran swasta

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr dr Sugiri Syarief mengatakan itu dalam acara konferensi pers Hari kontrasepsi sedunia dan 25 tahun KB Mandiri, di Jakarta , Rabu (26/9).

Sugiri menjelaskan program KB sebagai upaya menurunkan angka kematian ibu selain itu juga sebagai upaya menciptakan keluarga kecil bahagia dan sejahtera serta upaya untuk menyeimbangkan antara daya dukung dan daya tampung lingkungan.

"KB memiliki makna yang dalam dan luas menyangkut masalah sumber daya manusia. Karenanya, KB seharusnya menjadi isu politik, sosial, dan ekonomi," jelas Sugiri.

Lebih jauh, Sugiri menguraikan, tantangan dan peluang saat ini adalah adanya disparitas kepersertaan KB Mandiri yang tinggi antar wilayah sehingga diupayakan pemerataan pelayanan KB Mandiri serta edukasi kemandirian ber KB kepada masyarakat.

"Satu tantangan yang sangat penting bagi para produsen dan distributor adalah menjamin ketersediaan alat kontrasepsi mandiri di wilayah Galcitas," ungkap Sugiri.

Di Indonesia, hampir 80% perempuan dengan lebih dari lima anak masih belum menggunakan kontrasepsi, walaupun mereka sebenarnya sudah tidak berminat mempunyai anak lagi.
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.