|

Kimia Laut Kian Mengancam Biota Laut

Written By. Admin on 1 Juni 2011 | 00.23.00


Meningkatnya asam laut bisa mengancam abalone yang merupakan spesies terancam. Hewan ini masuk kategori makanan laut mewah. Seperti apa?

Abalone utara bisa ditemui di pantai Amerika Utara dari Baja California hingga Alaska. Para peneliti mengatakan, meski perikanan komersial Abalone British Columbia tutup pada 1990 guna melindungi populasinya yang terus berkurang, spesies ini terus berjuang hidup, terutama karena perburuan liar.

Para peneliti University of British Columbia (UBC) berhasil menyelesaikan studi mengenai hal ini. Peneliti mengatakan, hasil studi ini menjadi hal pertama untuk bukti eksperimental langsung perubahan kimia air laut secara negatif mempengaruhi spesies terancam punah ini.

Peningkatan kadar CO2 akibat perubahan iklim bisa membunuh larva abalone dan meningkatkan tingkat kelainan kerang.

“Hal ini cukup menjadi berita buruk, tak hanya dalam hal populasi juga dampaknya pada prospek ekonomi akuakultur dan pesisir,” papar zoolog Profesor Christopher Harley.

Rata-rata tingkat CO2 di laut mencapai 380 bagian per juta. Peneliti mengatakan, hal ini cukup mengkhawatirkan di sepanjang pantai British Columbia, khususnya di akhir musim semi dan awal musim panas saat populasi abalone utara sedang masuk pemijahan.
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.