|

Menggunakan Email

Written By. Admin on 3 Agustus 2009 | 00.07.00

Email digunakan untuk mengirim dan menerima/melihat informasi penggunaan email sangatlah mudah layaknya anda menggunakan handphone untuk mengirim dan menerima sms, tetapi anda tetap harus belajar terlebih dahulu bagaimana cara menggunakannya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Pertama buka dulu situs penyedia layanan email yang anda miliki dan mendaftarkan diri tadi. Sebaiknya bila anda berada di indonesia anda tuls sbb: http://www.yahoo.co.id untuk di yahoo dan http://www.google.co.id untuk google. Bila sudah masuk halaman situs yahoo, lalu pilihlah "masuk" (sign in). Atau bila sudah masuk halaman situs google pilihlah "gmail".
  2. Cari sebuah kotak isian username dan password diantara halaman utama, Ketik dan isikan "user ID" dan "password" yang telah didapatkan ketika membuat account email tadi.
  3. Klik "sign in" atau "masuk" atau juga "login" sehingga pada layar berikutnya muncul sebuah halaman pribadi email anda.
  4. Di karenakan pembahasan ini terlalu panjang maka penulis sengaja hanya membahas hal-hal yang paling dasar dan perlu anda ketahui fungsinya saja yaitu:

  • Membaca email yang masuk.
  • Membuat dan mengirim email.
Membaca email yang masuk.

Dalam membaca email yang masuk, anda tinggal mengarahkan kursor ke arah text yang mengandung link yang bertuliskan email masuk dan lengkap dengan alamat pengirimnya. Setelah itu pastikan di email masuk yang anda baca tadi ada juga pilihan untuk mengirim email balasan, yang berada di bawah halaman email masuk tersebut. Terserah Anda untuk membalas email atau tidak. Bila tidak ingin membalas maka pilih menu halaman pertama ketika anda masuk tadi.

Membuat dan mengirim email.

Untuk membuat dan mengirim email anda tinggal memilih atau mengklik menu-menu mengirim atau membuat. Sebenarnya menu-menu yang ada pada halaman email ini mempunyai kesamaan fungsi dan pilihan menu seperti pada handphone. Hanya saja cara penyajian dan fasilitas-fasilitasnya saja yang mempunyai kelebihan tersendiri, seperti dapat mengirim dan mensisipi berbagai macam jenis file yang familiar dengan komputer anda.

Pada jendela menulis email yang akan dikirim, anda pasti disuguhkan pada beberapa kotak isian yaitu "to", "subject" dan "kotak untuk menulis email".
  • Kotak isian "to" berguna untuk menuliskan alamat email yang dituju atau alamat yang hendak anda kirimi email.
  • kotak isian "subject" adalah untuk menuliskan "perihal surat" atau judul seperti pada surat umumnya.
  • dan kotak isian menulis email adalah untuk menulis isi surat email yang akan anda kirimkan.
Jika dirasa semua telah selesai dan siap untuk dikirim, maka silahkan pilih menu "kirim" atau "send". Setelah email terkirim maka anda mendapat pemberitahuan yang menerangkan bahwa email anda sudah benar-benar terkirim.
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.