|

Cara Mudah Bisnis Internet

Written By. Admin on 30 Juli 2009 | 00.02.00

Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari internet, salah satunya adalah affiliate program. Affiliate Program merupakan suatu bentuk kerjasama bisnis sebagai "penghubung" antara penyedia produk atau layanan tertentu dengan costumer-costumer mereka. Jika satu atau beberapa costumer tersebut melakukan transaksi, maka kita sebagai affiliate mendapatkan kompensasi atas kerja yang kita lakukan (komisi).

Affiliate Program

Praktek affiliate ini sebenarnya telah kita temukan di kehidupan sehari-hari. Misalkan saja teman kita mempunyai sebuah HP dan ingin menjualnya, anda membantu teman anda sehingga HP dapat terjual yang oleh teman anda sebagai rasa terima kasih teman anda tersebut memberikan komisi atas bantuan anda. Contoh lain, anda mempunyai sebuah toko, kemudian ada seseorang yang datang menitipkan dagangannya untuk dijual di toko anda dan ia akan memberikan sekian persen dari harga jual kepada anda sebagai komisi. Atau anda bekerja di sebuah perusahaan sebagai staf marketing di mana anda akan mendapat komisi ketika anda dapat ”menjual” produk dari perusahaan tersebut. Gambaran seperti itulah affiliate progam.

”Affiliate progam sangat cocok bagi anda yang ingin mendapat penghasilan tetapi
tidak memiliki modal ataupun produk untuk ditawarkan” Anda sebagai peserta affiliate sering disebut ”affiliate marketers” dan pemilik progam sering disebut “affiliate merchant”, sedangkan calon pembeli sering disebut “leads atau prospects”. Kata lain dari affiliate program adalah ”patner progam”, ”associate program”, “refferer program”, “bounty program”, “revenue sharing program”.

Mengapa kita kita mengikuti program affiliate?

Ada beberapa alasannya diantaranya
  1. tidak ada biaya produksi, karena yang anda jual adalah produk orang lain
  2. dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun, karena anda hanya butuh koneksi internet
  3. biaya dan tenaga yang dibutuhkan relatif lebih sedikit, karena anda tidak perlu kemana-mana untuk mempromosikan
  4. berpotensi memberikan penghasilan tanpa henti dan tak terbatas, karena internet bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu sehingga memungkinkan mendapat penghasilan walaupun anda sedang tidur
Berapa besar komisi yang dapat diperoleh dari program ini?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya anda mengetahui macam-macam affiliate program.

Macam – macam affiliate program:

1. pay per sale program
Program ini memberikan komisi kepada anda sebagai affiliate marketer ketika ada sesorang yang membeli produk yang ditawarkan melalui “affiliate link” tertentu yang diberikan oleh affiliate merchant. Komisi untuk program ini relatif besar, misalnya anda mengikuti affiliate progam yang menawarkan e-book sebagai produknya. Mengapa e-book? Karena affiliate merchant relatif tidak mengeluarkan biaya untuk memproduksinya seperti biaya percetakan, biaya kertas dan lain-lain. Sehingga ada affiliate merchant yang berani memberikan prosentase komisi untuk affiliate marketer sampai 75%, jadi misalkan seseorang membeli e-book seharga $100 melalui link anda, maka anda bisa memperoleh komisi sampai $75 per penjualan, bayangkan jika anda dapat menjual 3 produk saja perhari, berapa penghasilan anda perbulan?

2. pay per lead program
Program ini memberikan komisi kepada anda sebagai affiliate marketer ketika ada lead/prospect (calon konsumen) yang melengkapi form esay, survey atau sing up melalui “affiliate link” anda Besar komisi yang anda dapat melalui program ini tentu saja lebih sedikit dari pada pay per sale.

3. pay per click program
Program ini memberikan komisi kepada anda ketika seseorang mengeklik link hanya untuk mengunjungi site merchant. Ada juga yang memodifikasi degan pay per search yaitu anda sebagai marketer diberikan “search box” sehingga anda akan mendapat komisi ketika ada sesorang yang menggunakan “search box” tersebut dan mengeklik sponsor link yang ada di hasil pencarian.

4. hybrid program
program ini merupakan gabungan dari pay per lead dan pay per sale, sehingga ketika seseorang mengisi from tertentu yang disediakan merchant, anda mendapat komisi, dan kemudian apabila lead (calon konsumen) tersebut memutuskan untuk membeli produk dari merchant, maka anda akan mendapat komisi lagi.

Dari keempat program diatas, pay per click lah yang paling kecil komisinya, tetapi jangan khawatir ada cerita bahwa orang India dapat menghasilkan sekitar 600 dolar setiap hari, di indonesiapun ada yang mendapat penghasilan lebih dari 1000 dolar setiap bulannya melalui program ini. Mungkin sebagai contoh anda dapat mengunjungi blog (lets-belajar.blogspot.com) dimana pada bagian kanan blog tersebut ada kotak pencarian amazon, anda dapat memilih produk tertentu yang tersedia di web amazon dan setiap anda membeli produk terebut maka pembuat blog tersebut akan mendapat komisi (pay per sale).

Dan juga ada bagian yang bertulis ads by google/sponsored by google/sponsor oleh goolge dll (terkadang hanya muncul layanan social google, karena bahasa Indonesia belum mendapat layanan dari google adsense by content), ketika ada sesorang yang mengeklik link yang ada di situ maka si pembuat blog juga akan mendapat komisi (pay per click) ada juga banner (gambar) yang dapat anda lihat bertulis “earn money by showing relevan ads”, mungkin tertulis lain, ketika ada yang mengeklik banner tersebut dan mengikuti serta mengisi form pendaftaran untuk mengikuti program google adsense (gratis dan menyediakan beberapa program affiliate yang dapat anda ikuti sehingga anda juga dapat mulai menambah penghasilan.) maka si pembuat blog juga akan mendapat komisi (pay per lead)

Mungkin Anda juga dapat menilai dan mengikuti program affiliati yang ada dalam blog ini.. (lihat iklan banner (gambar) yang ada di sebelah postingan).

Kapan kita dibayar?

Kita sebagai marketer tidak dapat memaksa merchant untuk membayar kita kapanpun kita mau, karena mereka yang memiliki produk dan tentu saja lebih berkuasa, sehingga kita harus mematuhi ketentuan pembayaran yang telah ditetapkan merchant karena itu sangat penting untuk membaca aggreement/perjanjian. Kebanyakan affiliate merchant akan membayar sesuai jadwal, ada yang sebulan sekali atau dua kali apabila telah memenuhi biaya minimal pembayaran (minimum payout).

Sistem pembayarannya juga bermacam-macam, ada yang transfer langsung ke rekening marketer (bank, e-glod, paypal, dll) atau juga dengan pengiriman cek. Untuk pengiriman cek apa bila merchant berada di luar Indonesia sebaiknya pembayaran minimalnya $100 karena biaya untuk menunaikan di bank sekitar $20, sehingga jika kita hanya mendapat cek $20 dan menunaikannya, maka akan habis untuk biaya saja.

Untuk affiliate e-book di Indonesia biasanya pembayarannya menggunakan system langsung dan seketika itu, dengan cara ketika konsumen order e-book, ia akan diberikan 2 rekening, satu milik merchant/admin dan yang satu milik marketer/anda, dan konsumen harus membayar ke kedua rekening tersebut untuk mendapat link untuk mendownload e-book yang dibelinya.

Bagaimana cara mengikuti affiliate program?

Affiliate merchant memberikan syarat-syarat tertentu untuk mengikuti affiliate program mereka, ada yang mensyaratkan anda harus membeli produk mereka dulu baru kemudian anda dapat mengikuti affiliate program mereka (reseller), ada yang mensyaratkan anda harus memiliki sebuah web/blog dahulu seperti untuk mengikuti google adsense, tetapi ada juga yang tidak harus membeli produk, ataupun mempunyai web/blog untuk mengikutinya karena anda diberikan web replika oleh merchant untuk alat promosi anda.

Alamat web yang diberikan merchant kok panjang dan sulit dihafal?

Memang link itulah yang harus anda promosikan karena sang merchant mengenali transaksi dengan bantuan anda adalah jika seorang consument mengunjungi dan bertransaksi melalui link anda dengan software tertentu, karena itu ya terima saja.

Mengapa kita harus ikut program affiliate?

Dari pada kita memikirkan mengapa kita ikut, sebaiknya kita berfikir apa keuntungannya kita? Terkadang orang meremehkan program-program seperti ini, barangkali yang muncul di fikiran adalah ah itu hanya akan mengayakan orang lain!! Hehehe kurasa itu tidak masalah karena kita juga ikut kaya Jika itu pertanyaan yang ada di benak anda, maka saya bertanya, mengapa anda tidak menjadi merchant saja, sehingga anda bisa memperoleh keuntungan dari yang telah dibantu para marketer anda?


Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.