|

Apa Itu Symbian

Written By. Admin on 29 Juli 2009 | 22.59.00

Kalau komputer yang kamu gunakan ngenet ini pakai windows xp or vista atau linux, maka bisa diibaratkan itulah symbian….Hanya bedanya symbian terdapat pada ponsel, sedangkan windows xp atau vista itu terdapat pada komputer.


So, bahasa sainsnya symbian adalah sistem operasi yang terdapat pada ponsel (dikampumg ane biasa dipanggil operating system) :-) Sama persis kek windows xp, dengan adanya symbian diponsel, kita bisa menambahkan bermacam-macam aplikasi/program ibarat komputer…mislnya pd windows ada mcrosoft office maka d symbian juga ada aplikasi sjenis yaitu office suite atau quick Office….symbian juga ada pdf reader, flash player, winrar dan banyak lagi…….

Klasifikasi Symbian

Symbian sendiri ada dua jenis, yaitu UI dan UIQ. Symbian UI didominasi HP NOKIA sedangkan symbian UIQ Umumnya ada pada Sony Ericcson. Perbedaan signifikan antara UI dan UIQ adalah ponsel UIQ menggunakan touch secreen alias layar sentuh sedangkan UI tidak. Untuk saat ini Symbian UI (NOKIA) lebih laris dipasaran, dan aplikasi serta game-nya sangat banyak beredar dibandingkan dengan UIQ. Dan sekarang sedang dikembangkan symbian UI dan UIQ pada satu ponsel, so nantinya aplikasi symbianUI maupun UIQ akan kompetibel di satu ponsel tersebut.

Untuk symbian UI secara garis besar sekarang sudah ada 3 versi yaitu s60v1, s60v2 dan s60v3. Versi 6.0 dan versi 6.1 dikelompokan menjadi s60v1. Sedangkan versi 7.0, versi 8.0 dan versi 8.1 dikelompokan menjadi s60v2 dan terakhir yaitu versi 9.1 dan versi 9.2 dikelopokan menjadi s60v3. Berikut contoh-contoh ponsel dengan masing-masing versi symbiannya.

Antara s60v1 dan s60v2 perbedaannya tidak begitu mencolok. Artinya ada beberapa aplikasi yang bisa dipakai di kedua OS tersebut, salah satu contohnya adalah FileMan. Tapi kalau dengan s60v3 tidak satupun aplikasi s60v2 kompetible dengan s60v3, dan begitu juga sebaliknya. Karna ekstensi pada s60v3 adalah sisx (*.sisx) sedangkan pada s60v1 dan s60v2 adalah sama-sama sis. (*.sis).

pinukuik
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.