|

Apa Itu Blog

Written By. Admin on 29 Agustus 2009 | 22.50.00

Sebuah web blog atau disingkat blog adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali di tampilkan dalam urutan posting terbalik dengan update terbaru (new entry) berada paling atas walaupun tidak harus selalu demikian. Situs seperti ini dapat akses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan pengguna blog tersebut.

Blog merupakan situs yang menyerupai diari karena isi situs tersebut ditulis secara kronologis, menyerupai buku diari. Web blog adalah halaman web yang berisi personalitas pembuatnya, berisi jurnal yang dapat diakses oleh semua orang. Dengan kata lain, web blog merupakan tipe situs web yang isinya seperti jurnal, diurutkansecara kronologis. Isinya berupa berita atau komentar atas suatu peristiwa tertentu mulai dari hal yang ”berat” sampai hal yang ”ringan”, dari masalah politik sampai masalah makanan. Web blog bisa berisi teks, gambar, musik, video, link ke web lain atau juga berisi kombinasi dari hal-hal tersebut. Web blog mempunyai banyak manfaat antara lain selain sebagai media untuk catatan harian,blog juga dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berat seperti publikasi kampanye politik.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Leb sebelum akhirnya pyra Leb dibeli oleh Google pada februari 2003. Semenjak itu, terdapat aplikasi yang bersifat open source digunakan untuk perkembangan blogger.

Sebagian blog dikelola oleh seorang penulis tunggal, sementara yang lain dikelola oleh beberapa orang penulis. Banyak juga blog yang mempunyai peranan untuk berinteraksi dengan pengunjungnya untuk meninggalkan pesan atau komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun ada juga yang sebaliknya atau bersifat noninteraktif.

Saat ini blog tidak hanya berisi catatan harian dan website pribadi pemiliknya saja, namun blog telah menjadi suatu media untuk menyampaikan gagasan, ide, pertukaran informasi, media kampanye politik atau bahkan sebagai iklan untuk menjalankan bisnis. Bahkan akhir-akhir ini blog bisa digunakan sebagai media untuk mendapatkan uang melalui iklan-iklan yang di tampilkannya.

Blog terdiri dari beberapa jenis seperti:
  1. "text blog" seperti blog yang saya buat ini.
  2. "photo blog" blog berisi photo.
  3. "podcast" blog berisi musik.
  4. "vlog" blog yang berisi video.
  5. "linklog" blog yang berisi link-link.
Di negara Indonesia penggunaan photo blog, podcast, vlog dan linklog belum begitu diminati. Walaupun ada beberapa orang yang telah membuatnya namun sebagian memandang pembuatan jenis-jenis blog tersebut tidaklah terlalu efektif, mengingat koneksi internet dan proses editingnya yang memakan waktu.
Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.