Mesin diesel dikenal sebagai mesin yang kuat, andal, bebas perawatan,
tapi juga agak berisik. Isuzu Panther dikenal dengan "Rajanya Diesel"
dan terus berjaya di kelasnya. Bisa dibilang Isuzu Panther merupakan
pesaing Toyota Kijang. Bahkan pemain kawakan semacam Toyota Kijang pun
belum bisa berbuat banyak bila berhadapan langsung dengan Isuzu Panther
pada kelas diesel.
Mesin Panther terkenal bandel dan ekonomis.
Suspensinya empuk dan dianggap cocok untuk kondisi jalan di Indonesia.
Apalagi perubahan musim yang tak menentu. Hujan lebat bisa tiba-tiba
menimbulkan banjir. Dibanding mesin bensin, mesin diesel terbukti lebih
irit, murah dan waterproof (tahan air). Selain itu tren biodiesel
baru-baru ini membuat mesin diesel kembali naik daun. Sudah banyak
teknologi biodiesel yang diterapkan energi alternatif dan anda
berpeluang mencoba bahan bakar masa depan itu dengan memiliki mobil
bermesin diesel seperti Panther.
Dan satu lagi, Panther memiliki AC yang sangat dingin sehingga
membuatnya nyaman dikendarai pada kondisi tropis. Torsi yang sangat
besar membuat AC kapasitas besar bisa dipasang. Inilah yang membuat AC
Panther terkenal dingin. Sejak 1996, sudah menggunakan teknologi direct
injection membuatnya tak perlu pemanas solar saat dihidupkan dalam
kondisi dingin. Masalah sparepart juga tak perlu dikhawatirkan untuk
jenis mobil ini karena banyak tersedia dan juga murah.
Isuzu Panther
memiliki banyak macam varian. Pada 2007, Panther mengeluarkan 7 varian,
yaitu Smart, LV Adventure, LS, Touring, dan Grand Touring. Peraturan
pemerintah tentang emisi gas buang yang harus naik EURO 2 membuat semua
varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter. Berikut
beberapa tips untuk pembeli mobil Panther :
1. Filter : Perawatan utama mobil diesel adalah saringan udara. Gantilah semua saringan yang ada begitu mobil di tangan anda.
2. Spion
: Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas karena
konstruksinya kurang kuat. Karena sudah menggunakan sistem elektrik,
harganya lumayan mahal. Jadi pastikan spion dalam kondisi baik.
3. Transmisi
: Jika transmisi matik masih berfungsi dengan baik, mintalah bukti
kepada penjual kalau ia rajin mengganti oli-nya. Sebab jika tidak, biaya
perbaikannya cukup mahal. Tapi bisa juga dicermati saat test drive.
4. Sokbreker Belakang
: Tak seperti pendahulunya di mana sokbreker depan sering rusak, pada
Panther Kapsul justru sokbreker belakang yang lemah. Untunglah harganya
tak terlalu menguras kantung dan tersedia berbagai produk aftermarket.
PLUS
- Mesin kuat, bandel, dan ekonomis
- Suspensi empuk
- Irit BBM
- AC sangat dingin
- Sudah menggunakan teknologi direct injection
- Sparepart banyak tersedia dan murah
- Banyak varian
- Semua varian Panther menggunakan turbo plus catalytic converter
MINUS
- Mesin agak berisik
- Dudukan spion Panther Hi-Grade atau Grand Touring sering lepas
- Biaya perbaikan varian transmisi matik mahal
- Sokbreker belakang lemah
Sumber: