|

Perubahan Iklim Bawa Dampak Berbeda di Tiap Danau

Written By. Admin on 17 Oktober 2012 | 17.59.00



Sekelompok ilmuwan Swedia mencoba meneliti tren iklim yang semakin panas dengan pengaruhnya terhadap sejumlah danau. Hasilnya adalah perubahan iklim membawa pengaruh berbeda di tiap-tiap danau.
Blog sains LabSpaces mewartakan, tim peneliti dari Departemen Biologi Universitas Lund di Swedia, mengungkapkan bahwa perubahan iklim itu menghasilkan pengaruh berbeda terhadap danau-danau tersebut, tergantung organisme apa yang dominan di danau.
“Hal yang paling menarik dan tak diduga dari penelitian kami adalah bahwa reaksi terhadap perubahan iklim akan sangat berbeda pada tiap-tiap danau. Penelitian kami menemukan variasi tersebut tergantung pada organisme apa yang dominan di danau yang bersangkutan,” papar Lars-Anders Hansson, salah satu peneliti dari Lund University.
Menurut Hansson, pada danau yang tidak memiliki ikan, udara yang menghangat akan membuat air lebih bersih tanpa adanya ledakan populasi ganggang. Namun, hasilnya akan sangat berbeda dengan danau yang memiliki ikan.
Di danau ini, ikan akan memakan plankton dalam jumlah lebih besar. Padahal, menurut Hansson, plankton-plankton ini bertugas mengontrol jumlah ganggang. Dan saat jumlah plankton menurun, ganggang akan leluasa memperbesar populasinya.
“Berhubung sebagian besar danau yang dekat dengan manusia memiliki ikan, kita perlu waspada dengan ledakan populasi ganggang di masa yang akan datang,” ujar Hansson.
Perubahan iklim ini secara khusus menguntungkan bagi pertumbuhan ganggang biru-hijau yang dikenal dengan sebutan Cyanobacteria. Pertumbuhan ganggang inilah yang dikhawatirkan oleh Hansson dan timnya.
Ganggang Cyanobacteria merupakan tipe ganggang pemicu sebagian besar masalah di danau dan lautan karena mereka sangat kuat dan juga mengandung racun.
Para ilmuwan yang tergabung di tim peneliti itu pun sudah mengetahui bahwa perubahan iklim diperkirakan akan menaikan temperatur sebanyak dua derajat Celcius dalam satu generasi ke depan.
Selain itu, jumlah air penuh humus juga diperkirakan meningkat dan akhirnya membuat air danau semakin berwarna cokelat.


Sumber:

Share :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright Indo Poster 2012 | Published by Borneo Templates | Support Creating Website | Powered by Blogger.com.